Tiada Kata Tidak Bisa "Harus Bisa"

Karya Ilmiah

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Proses penyajian informasi dari waktu kewaktu mengalami evolusi yang sangat dinamis. Berbagai peralatan sederhana hingga peralatan yang mutakhir berlomba-lomba untuk menyajikan informasi dengan cara yang apik dan inovatif, sehingga mampu memberi gambaran secara utuh dan bisa mewakili dengan apa yang hendak disampaikan pada khalayak ramai. Dengan hal tersebut orang dapat dengan mudah mendapatkan informasi secara cepat dan tepat serta mudah dicerna dan tepat sasaran.

Di dalam penyajian informasi ada beberapa keterbatasan yang dialami dalam memberikan atau menyampaikan informasi tersebut diantaranya seperti faktor jarak, waktu, kecepatan dan lain-lain. Sekarang semua permasalahan yang dihadapi dapat diatasi dengan dikembangkannya berbagai sarana dan peralatan mutakhir yang tidak mengenal jarak dan waktu. Sebagai contoh dengan diciptakannya televisi dan internet hampir semua orang diberbagai belahan dunia ini dapat dengan cepat mendapatkan dan mencari/mengakses informasi walau terpisah jarak yang jauh dan waktu.

Di dalam menyampaikan informasi tidak hanya dilakukan dengan media komunikasi dalam bentuk ucapan saja, akan tetapi juga bisa dilakukan dengan media lain seperti membaca ataupun melihat sebuah interface melalui media cetak, elektronik maupun internet. Akhir-akhir ini banyak instansi atau organisasi yang menggunakan media audio visual seperti video untuk menginformasikan tentang keberadaaan instansi atau lembaga tersebut. Video merupakan sebuah media yang menjadi solusi, karena di dalam video mempunyai unsur visual gerak, gambar, efek suara dan unsur audio dalam satu unit yang menjadi kesatuan yang saling melengkapi satu sama lain sehingga mempertegas dari suasana yang hendak dibuat.

SMK Batik 2 Surakarta beralamatkan di Jl. Slamet Riyadi, Kleco Surakarta yang sedang melangkah untuk menjadi Sekolah Standar Nasional sehingga membutuhkan sebuah media promosi dan dokumentasi yang dapat dijadikan tolak ukur perkembangan dari periode ke periode sehingga dinamika SMK Batik 2 Surakarta dapat diketahui. Oleh karena itu, perlu dibuat sebuah profil berbasis multimedia yang bertujuan untuk memberikan informasi dan gambaran menyeluruh yang bisa mewakili SMK Batik 2 Surakarta kepada masyarakat luas mengenai Visi dan Misi serta prestasinya. Sehingga dengan demikian pembuatan profil berbasis multimedia tersebut masyarakat umum dapat memperoleh gambaran visi, misi, potensi yang dimiliki dan arah pengembangan yang hendak dicapai SMK Batik 2 Surakarta.

1.2 Rumusan Masalah

Setelah mengetahui segala kelebihan dan potensi SMK Batik 2 Surakarta maka ditemukan beberapa rumusan masalah sebagai berikut.

  1. Bagaimana cara mengangkat segala potensi dan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh SMK Batik 2 Surakarta sehingga dapat dijadikan aset berharga yang dapat diketahui masyarakat luas dengan menggunakan multimedia dan cara mengumpulkan serta menyajikannya profil SMK Batik 2 Surakarta tersebut dalam bentuk VCD sehingga dapat diterima mudah oleh masyarakat.
  2. Bagaimana cara membuat gambaran secara utuh yang dapat dijadikan sebagai media dokumentasi dan promosi yang menarik serta mudah dicerna oleh masyarakat.

1.3 Batasan Masalah

Agar dapat memberikan gambaran yang lebih terarah, terperinci serta tidak menyimpang dari yang telah diuraikan dalam perumusan masalah serta dapat memberikan pemahaman yang baik, maka pembatasan masalah yang akan dibuat dalam Pembuatan VCD Profil pada SMK Batik 2 Surakarta meliputi:

  1. Mengumpulkan data-data dalam bentuk rekaman (shooting) dengan menggunakan Camcorder Handycam Sony Hi8.
  2. Data video yang diambil dalam bentuk Video Digital.
  3. Kompresi video pada tahap capturing menggunakan tipe file MPEG.
  4. Proses penggabungan dan editing dengan menggunakan software Ulead VideoStudio10, perekaman narasi dengan menggunakan Jet Audio 5 (pada dasarnya ulead VideoStudio 10 sudah build in dengan Record Voice, namun penulis menggunakan Jet Audio 5, karena dengan Jet Audio 5 dapat menentukan tipe file dan variasi efek yang lebih banyak).
  5. Tahap keluaran selanjutnya dilakukan proses burning ke dalam bentuk VCD dengan menggunakan software Nero 7 Essentials dengan tipe file .DAT (pada dasarnya Ulied VideoStudio 10 sudah build in dengan Create Disk/Burning, apabila menggunakan Create Disk maka proses render akan secara otomatis disimpan didalam VCD atau DVD dan tidak mempunyai master Data Continous Stream yang disimpan didalam hardisk pada komputer, proses burning nya pun relatif lama atau sama dengan proses render, dan apabila menggunakan Nero 7 Esentials penulis melalui prose render, sehingga dapat diputar dengan software seperti Windows Media Player, Winamp, Codec, dan lain-lain, sebelum diburning kedalam VCD atau DVD, dan proses burning file video yang sudah di render(Data Continous Stream) dengan Nero 7 Esesntials relatif lebih cepat).

1.4 Tujuan Penelitian

  1. Tujuan umum
    1. Terciptanya suatu VCD Profil SMK Batik 2 Surakarta.
    2. Membuat media dokumentasi dan promosi pada SMK Batik 2 Surakarta dalam bentuk VCD.
    3. Mengangkat nama SMK Batik 2 Surakarta supaya lebih dikenal masyarakat di kawasan Surakarta dan sekitarnya.
  2. Tujuan khusus

Melatih kemampuan penulis dalam mengembangkan ilmu komputer dalam bidang multimedia.

1.5 Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Bagi Akademik
    1. Dapat melaksanakan fungsinya sebagai dimensi intelektual yaitu pengabdian kepada masyarakat.
    2. Sebagai tolak ukur materi perkuliahan dan referensi yang nantinya dapat dipakai di dunia kerja.
  2. Bagi SMK Batik 2 Surakarta
    1. Sebagai media dokumentasi.
    2. Sebagai media promosi.
    3. Menjadi barometer terhadap dinamika perkembangan infrastruktur sarana dan prasarana, potensi yang ada di SMK Batik 2 Surakarta.
    4. Secara tidak langsung membantu mempercepat untuk mewujudkan Visi dan Misi dari SMK Batik 2 Surakarta.
  3. Bagi Penulis
    1. Dapat menerapkan dan mempraktekkan ilmu pengetahuan berbasis multimedia.
    2. Menambah khasanah keilmuan tentang komputer multimedia.

1.6 Metode Penelitian

Untuk mendapatkan hasil yang baik, maka perlu digunakan beberapa metode penelitian, metode penelitian yang dipakai oleh penulis antara lain sebagai berikut :

  1. Observasi

Dalam teknik ini penulis melakukan pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan langsung di lapangan.

  1. Interview

Dalam teknik ini, penulis mengadakan tanya jawab secara langsung dengan pihak-pihak yang terkait di SMK Batik 2 Surakarta khususnya yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

  1. Studi Pustaka

Dalam teknik ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara mencari literature-literature, buku-buku sebagai bahan rujukan dalam menyusun laporan penelitian yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

1.7 Sistematika Penulisan Kerja Praktek

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini berisi Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Pembatasan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Sistematika Penulisan.

BAB II TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

Dalam bab ini berisi tentang Sejarah Singkat berdirinya SMK Batik 2 Surakarta, Keadaan Lingkungan SMK Batik 2 Surakarta, Denah Lokasi, Visi Misi dan Tujuan SMK Batik 2 Surakarta, Struktur Organisasi, Deskripsi Tugas, Jurusan dan Program Keahlian, Kegiatan Ekstrakulikuler, Fasilitas.

BAB III LANDASAN TEORI

Dalam bab ini berisi tentang Sejarah Multimedia, Definisi Multimedia, Perananan Multimedia, Perangkat Keras Multimedia, Perangkat Lunak Multimedia, Standar Video, Audio, Terminologi Video, Memproduksi Sistem Multimedia, Perangkat Lunak Pendukung Multimedia, Soryboard, Tahapan Produksi Video, Tahap Pasca Produksi, Media Pemutaran VCD, Profil.

BAB IV PEMBAHASAN

Dalam bab ini berisi instalasi program ulied videostudio pembuatan storyboard, proses pemindahan video hasil shooting ke dalam komputer, pemotongan video, melakukan proses pemilihan video, proses editing, pemberian efek video, pemberian efek suara/audio, pemberian efek tulisan, proses rendering, memasukan video ke media CD (Compact Disk).

BAB V PENUTUP

Pada bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran dari penulis yang berkenaan dengan Pembuatan VCD Profil Pada SMK Batik 2 Surakarta.

DAFTAR PUSTAKA

Merupakan daftar pustaka buku-buku, serta sumber informasi yang digunakan penulis dalam menyusun laporan kerja praktek.

LAMPIRAN

Berisi tentang lampiran-lampiran yang berhubungan dengan penyusunan laporan kerja praktek.

BAB II

TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

2.1. Sejarah Singkat berdiriya SMK Batik 2 Surakarta

SMK Batik 2 Surakarta berdiri pada tahun 1989. Berdasarkan SK No. 420/103/I/1989 tanggal 1 Maret 1989 yang dikeluarkan oleh Kepala Kanwil Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah. SMK Batik 2 Surakarta didirikan oleh Tim Pendiri yang diketuai oleh H. Iskiyat (Alm) dengan anggota Atmanto, BA (Alm), H. Marsydi, SH, Sumedi, Bsc dan Abdullah Afandi (Alm). Tim pendiri SMK Batik 2 Surakarta dibentuk atas dasar Surat Yayasan Pendidikan Batik (YPB) Surakarta No. 3636/4/YPB/10/1988 tanggal 12 Oktober 1988. Latar belakang pendirian SMK Batik 2 Surakarta adalah semakin meningkatkan jumlah penerimaan siswa baru di SMK Batik 1 Surakarta yang mana dulu SMEA Batik 1 Surakarta dari tahun ke tahun meningkat sehingga pengurus Yayasan Pendidikan Batik (YPB) Surakarta memberikan pertimbangan untuk mendirikan SMK Batik 2 Surakarta.

Pada ajaran tahun pertama 1989/1990 SMK Batik 2 Surakarta terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 206 orang siswa dengan tenaga pengajar atau tenaga edukatif sebagaian besar dari SMK Batik 1 Surakarta. Pada tahun ajaran pertama siswa SMK Batik 2 Surakarta menempati gedung SMK Batik 1 Surakarta dengan cara masuk siang hari karena belum memepunyai gedung sendiri. Pada tahun 1998/1990 siswa SMK Batik 2 Surakarta sudah menempati gedung sendiri untuk proses belajar mengajar. Karena ruang kelas belum mencukupi maka pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan cara membagi siswa yaitu kelas 1 dan 2 masuk pagi sedangkan kelas 3 masuk siang. SMK Batik 2 Surakarta mempunyai program keahlian yaitu akuntansi, administrasi perkantoran dan penjualan.

Kepala Sekolah pertama di SMK Batik 2 Surakarta adalah Bapak Soemedi, BA pada tahun 1990 Bapak Soemedi, BA mengundurkan diri karena menjalankan tugas sebagai Kepala Sekolah di SMU Batik 1 Surakarta. Setelah itu jabatan kepala sekolah dijabat oleh Drs. Sumaryatmo yang dilantik oleh Kepala Kanwil Propinsi Jawa Tengah dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 35239/A2.12/c/1991 tanggal 19 Juni1991. Drs Sumaryatmo menjalankan tugas dari tanggal17 Juli 1991 sampai dengan pensiun tanggal 7 Agustus 2003 selanjutnya jabatan kepala sekolah diganti oleh Bapak Drs. Yusuf. Berdasarkan SK pengangkatan dari pengurus Yayasan Pendidikan Batik (YPB) Surakarta No. 266/F2/YPB/II/2004 tanggal 28 Februari 2004 sampai dengan sekarang.

2.2 Keadaan Lingkungan SMK Batik 2 Surakarta

Lingkungan belajar siswa di SMK Batik 2 Surakarta cukup sejuk, nyaman, bersih dan rapi sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Bangunan gedung SMK Batik 2 Surakarta megah dan kokoh dengan ruangan kelas yang besar dan luas menambah kenyamanan dalam belajar.

Lokasi SMK Batik 2 Surakarta sangat strategis karena dekat dengan jalan raya yang banyak dilalui kendaraan umum dari berbagai jurusan sehingga dapat mempermudah perjalanan siswa dan guru ke tempat belajar.

Lingkungan belajar di SMK Batik 2 Surakarta tertata dan terorganisir dengan baik, serta terdapat pepohonan dan taman di sudut-sudut halaman yang menambah keasrian dan kesejukan lingkungan SMK Batik 2 Surakarta.

Ketertiban di SMK Batik 2 Surakarta sangat baik. Tata tertib yang berlaku membantu penanaman kedisiplinan terdapat siswa didik karena kedisiplinan merupakan modal awal dari suatu keberhasilan belajar siswa siswa diharapkan dalam dirinya tertanam rasa disiplin sejak awal agar terbiasa dengan kedisiplinan dimanapun kita berada.

Seperti yang telah diketahui SMK Batik 2 Surakarta merupakan sekolah yang mengajarkan ilmu dan keterampilan khusus atau keahlian khusus yang nantinya dapat dimanfaatkan apabila telah lulus dari SMK Batik 2 Surakarta. Bagi lulusan SMK Batik 2 Surakarta diharapkan dapat bekerja dan menerapkan ilmunya dalam dunia kerja

2.3. Denah Lokasi SMK Batik 2 Surakarta

Gambar 2.1 Denah Lokasi SMK Batik 2 Surakarta

2.4. Visi, Misi dan Tujuan SMK Batik 2 Surakarta

2.4.1 Visi

Menciptakan tenaga kerja yang handal di bidang bisnis manajemen untuk memenuhi tuntutan era globalisasi dan pasar bebas berstandar nasional.

2.4.2 Misi

  1. Membentuk tamatan yang berkepribadian unggul dan berakhlak mulia, berwawasan luas, dan mampu mengembangkan diri
  2. Mengembangkan tenaga terampil dibidang bisnis manajemen dan mampu bersaing di dunia kerja.
  3. Menjadikan SMK sebagai informasi dibidang bisnis manajemen.

2.4. 3 Tujuan SMK Batik 2 Surakarta

  1. Menyiapkan siswa memasuki dunia kerja serta mengembangkan sikap.
  2. Menyiapkan siswa mampu memiliki karier, mampu berkompetisi, mampu mengembangkan diri dalam era globalisasi.
  3. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi dunia usaha pada saat ini dan masa yang akan datang.
  4. Menyiapkan tamatan menjadi warga negara, adaptif, produktif dan inovatif.

2.5 Struktur Organisasi SMK Batik 2 Surkarta

Struktur Organisasi SMK Batik 2 Surakarta tampak seperti gambar berikut ini :

Keterangan : : Garis Komando

– – – – – – – – – – – – – – – – – – – : Garis Koordinasi

Gambar 2.2 Stuktur Organisasi SMK Batik 2 surakarta

SUSUNAN PERSONALIA

SMK BATIK 2 SURAKARTA

I Kepala sekolah : Drs. Yusuf

II Wakasek

  1. Bendahara/Sarana dan Prasarana : Dra.Triningsih Suwarna
  2. Kurikulum : Mukhamadi, S.Pd
  3. Humas : Drs .Bambang Kadiawan
  4. Kesiswaan : Drs .Muh Pujianto

III Ketua Progam Keahlian

  1. Akuntansi : Budiarsi, S.Pd
  2. Adminitrasi Perkantoran : Ahyar Susanto, S.Pd
  3. Penjualan : Drs. Hariningsih

IV Wali Kelas /Pembimbing

V Bimbingan Penyuluhan /BK

VI Guru Bidang Study

Data diambil bulan Mei 2009

2.6 Diskripsi Tugas

Berikut ini adalah pembagian tugas yang perlu dipaparkan sebagai penjelasan dari adanya struktur organisasi di SMK Batik 2 Surakara. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperlancar proses kerja masing- masing unsur yang ada di SMK Batik 2 Surakarta. Adapun pembagian mengacu pada pedoman ketentuan Yayasan yaitu :

2.6.1 Tugas Kepala Sekolah

1) Melaksanakan pendidikan dan pengajaran sesuai kurikulum yang berlaku dan mengacu pada visi dan misi Yayasan Pendidikan Batik.

2) Menyusun perencanaan dan program kegiatan sekolah.

3) Pengorganisasian.

4) Memberikan pengarahan.

5) Mendorong kreativitas.

6) Melaksanakan pengawasan.

7) Memonitoring.

8) Mengevaluasi.

9) Melaksanakan Bimbingan Karier (BK) bagi siswa.

10) Pembinaan OSIS.

11) Bertanggung jawab terhadap Yayasan Pendidikan Batik dan Diknas.

2.6.2 Wakil Kepala Sekolah

Bertugas membantu kepala sekolah dalam rangka perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, penilaian dan laporan, wakil Kepala Sekolah yang terbagi dalam berbagai bidang, rincian tugas tersebut antara lain :

2.6.2.1 Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum

  1. Menyusun program pengajaran.
  2. Menyusun kalender pendidikan.
  3. Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran.
  4. Pengelolaan kegiatan belajar mengajar.
  5. Menyusun dan menyelenggarakan UAN / UAS.
  6. Pengelolaan penilaian.
  7. Mengkoordinasikan pengelolaan Ledger, Rapor, STTB.
  8. Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan program SP dan perangkat mengajar.
  9. Menyusun laporan pelaksanaan pengajaran secara berkala.
  10. Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstra kulikuler.

2.6.2.2 Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan

  1. Menyusun program pembinaan kesiswaan / OSIS.
  2. Melaksanakan bimbingan dan pengendalian kegiatan siswa /OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah.
  3. Memberikan pengarahan dalam pemilihan pengurus OSIS.
  4. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler.
  5. Menyelenggarakan kegiatan PSB dan MOS.
  6. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala.

2.6.2.3 Wakil Kepala Sekolah Urusan Keuangan dan Sarana Prasarana

  1. Menyusun program kebendaharaan sekolah.
  2. Menyusun laporan keuangan sekolah
  3. Menyusun laporan hasil penyelenggaraan pengelolaan sarana dan prasarana sekolah.

2.6.2.4 Wakil Kepala Sekolah Urusan Humas

  1. Mengatur dan menyelenggarakan hubungan dengan orang tua.
  2. Mengembangkan sikap kebersamaan dan kekeluargaan sekolah ( studi banding, peringatan hari besar keagamaan atau nasional, kegiatan PGRI, KORPRI ).
  3. Membina pengembangan hubungan antara sekolah dengan lembaga pemerintahan, dunia usaha, dunia industri dan lembaga sosial lainnya.
  4. Memberikan informasi dan promosi.
  5. Menangani kegiatan PKL.
  6. Menyusun laporan pelaksanaan tugas secara berkala.

2.6.3 Guru / Tenaga Pendidik

  1. Menyusun perisapan mengajar.
  2. Melaksanakan KBM.
  3. Mengadakan evaluasi.
  4. Menganalisis hasil belajar.
  5. Melaksanakan tindak lanjut.
  6. Selain tugas-tugas di atas, guru/tenaga pendidik bertugas sebagai:

1) Wali Kelas.

2) Bimbingan konseling/penyuluhan.

3) Tugas lain yang berkaitan dengan tugas pendidikan.

2.6.4 Kepala Tata Usaha

  1. Penyusunan program ketatausahaan.
  2. Kepengurusan kepegawaian.
  3. Pembinaan dan pengembangan karier pegawai.
  4. Penyusuunan perlengkapan sekolah.
  5. Penyusunan dan penyajian data statistic sekolah.
  6. Menyusun laporan pelaksanaan secara berkala dan tugas-tugas lainnya.

2.6.5 Ketua Program Keahlian

  1. Penyusunan program kerja.
  2. Pengelolaan laboratorium yang bersangkutan.
  3. Pembinaan dna pengembangan program keahlian.
  4. Penyusunan laporan pelaksanaan secara berkala dan tugas-tugas lainnya.

2.6.6 Siswa

  1. Siswa mengikuti proses belajar mengajar di kelas.
  2. Mematuhi dan melaksanakan tata tertib yang telah ditentukan oleh sekolah.

2.7. Jurusan dan Program Keahlian

Jurusan dan program keahlian yang ada di SMK Batik 2 Surakarta meliputi:

  1. Program Keahlian Akuntansi dengan Akreditasi B.
  2. Program Keahlian Administrasi Perkantoran/Sekretaris dengan Akreditasi A.
  3. Program Keahlian Manajemen Bisnis/Penjualan dengan Akreditasi B.

2.8. Ekstrakuler

Beberapa ekstra kulikuler yang ada di SMK Batik 2 Surakarta diantaranya :

  1. Komputer.
  2. Paskibraka.
  3. Pencak Silat.
  4. Pramuka.
  5. PKS (Patroli Keamanan Sekolah).
  6. KIR (Karya Ilmiah Remaja).

2.9. Fasilitas

Beberapa fasilitas yang ada di SMK Batik 2 Surakarta diantaranya adalah:

  1. Perpustakaan, Digital Library.
  2. Laboratorium Komputer.
  3. Laboratorium Sekretaris / Mengetik.
  4. Laboratorium Penjualan.
  5. Laboratorium Akuntansi.
  6. Bank Mini.
  7. Kantin.
  8. Mushola.
  9. UKS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: