Tiada Kata Tidak Bisa "Harus Bisa"

Proposal

PROPOSAL SKRIPSI

KOMPUTERISASI SISTEM PERPUSTAKAAN SMK BATIK 2 SURAKARTA SECARA MULTIUSER

Disusun Oleh:

Nama : Sudarman

NIM : 06.4.00045

Program Studi : Sistem Informasi

Program Pendidikan : Strata 1

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
SINAR NUSANTARA
SURAKARTA

2009



PERSETUJUAN PROPOSAL SKRIPSI

Nama Pelaksanaan Skripsi : Sudarman

Nomor Induk Mahasiswa : 06.4.00045

Jurusan : S1-Sistem Informasi

Judul Skripsi : Komputerisasi Sistem Perpustakaan SMK

Batik 2 Surakarta secara Multi User

Dosen Pembimbing 1 : Bebas Widada, S.Si, M.Kom

Dosen Pembimbing 2 : Kustanto, ST

Surakarta, …………….…………..
Menyetujui,
Dosen Pembimbing 1 Dosen Pembimbing 2

Bebas Widada, S.Si, M.Kom

NIK. 111 000 023

Kustanto, ST

NIK. 110 000 039

Mengetahui,

Ketua STMIK Sinar Nusantara

Kumaratih Sandradewi, S.P., M.Kom

NIK. 110 000 012


  1. I. JUDUL PROPOSAL

Komputerisasi Sistem Perpustakaan SMK Batik 2 Surakarta secara Multiuser

  1. II. KELOMPOK/TOPIK

Untuk menspesifikasikan bidang yang akan diteliti, maka dalam penelitian ini penulis mengambil salah satu topik yang telah di tawarkan oleh pihak akademik.

Adapun topik yang di tawarkan oleh pihak akademik adalah:

  1. Informatika teori
  2. Rekayasa Perangkat Lunak
  3. Sistem Informasi
  4. Grafik
  5. Pengolahan Citra
  6. Kecerdasan Buatan dan Sistem Pakar
  7. Basis Data
  8. Jaringan dan Sistem Tersebar

Sesuai dengan topik pembahasan yang di tawarkan, maka penulis mengambil salah satu topik yaitu Sistem Informasi. Penulis mengambil topik Sistem Informasi karena sesuai dengan disiplin ilmu yang telah di atur oleh STMIK Sinar Nusantara serta sesuai dengan jurusan Sistem Informasi sehingga kegiatan skripsi akan menghasilkan hasil yang optimal.

  1. III. LATAR BELAKANG MASALAH

Perkembangan teknologi informasi sekarang semakin berkembang pesat disegala bidang sehingga banyak perusahaan, instansi-instansi yang ingin meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Komputer merupakan titik awal dari berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi. Komputer merupakan penemuan teknologi baru yang berbeda dengan hasil-hasil penemuan teknologi yang lain, seperti mobil, sepeda motor, dan lain-lain. Karakteristik dari komputer adalah kemampuannya untuk dapat deprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas bagi para pengguna dengan kecepatan dan ketelitian yang sangat tinggi.

Manfaat dari perkembangan teknologi informasi yang sangat penting adalah penggunaan alat pengolah data yang berfungsi menghasilkan informasi yang dibutuhkan secara cepat, akurat, relevan, serta tepat sasaran. Perusahaan ataupun instansi yang akan maju dan sukses harus mengikuti era informasi dengan menggunakan pendukung pengolah data yaitu komputer. Adanya komputer sebagai alat pengolah data, maka semua bidang dalam suatu perusahaan atau instansi dapat dikomputerisasikan, dalam hal ini bidang yang di anggap penting dan utama sehingga dapat mendukung keberhasilan perusahaan atau isntansi dalam pencapaian tujuannya. Pemanfaatan komputer sekarang tidak hanya terpaku pada satu komputer saja untuk menyelesaikan pekerjaan, namun beberapa komputer bisa dijadikan satu kesatuan didalam menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang sama dengan tujuan yang sama untuk mengakses informasi yang sama yang saling berhubungan antara komputer yang satu dengan yang lainnya (satu aplikasi dapat digunakan oleh lebih dari satu orang/user dengan menggunakan komputer yang berbeda yang terhubung dalam satu jaringan komputer).

SMK Batik 2 Surakarta merupakan sekolah menengah kejuruan yang bernaung dalam Yayasan Batik Surakata. Dalam proses belajar mengajar instansi sekolah tidak lepas dari sebuah penujang dalam meningkatkan kualitas anak didik dalam lingkup pembelajaran dan wawasan keilmuan secara umum. Dengan hal tersebut sebagai penunjang dan rujukan adalah perpustakaan. Perpusatakaan SMK Batik 2 Surakarta sampai saat ini masih menggunakan sistem manual, yang mana masih banyak kelemahan antara lain adalah proses pendataan buku, perndataan anggota, proses peminjaman buku serta pembuatan laporan masih ditemukan banyak kesalahan dan memerlukan waktu yang lama.

Untuk melakukan pengelolaan atau pengolahan data secara efektif, cepat, tepat dan akurat maka perlu adanya perubahan sistem dari sistem manual menjadi sistem terkomputerisasi.

  1. IV. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan usulan latar belakang permasalahan maka penulis merumuskan suatu penyajian Komputerisasi Sistem Perpustakaan SMK Batik 2 Surakarta Secara Multiuser.

  1. V. PEMBATASAN MASALAH

Pembatasan masalah yang akan di buat oleh penulis dalam sistem Perpustakaan SMK Batik 2 Surakarta secara Multiuser meliputi:

  1. Pengolahan Data User.
  2. Pengolahan Data Buku
  3. Pengolahan Data Anggota.
  4. Pengolahan Data Inventaris Buku.
  5. Pengolahan Transaksi Peminjaman.
  6. Pengolahan Transaksi Pengembalian.
  7. Pengolahan Pemesanan Buku.
  8. Pengolahan Usulan Buku.
  9. Pengolahan Data Pengunjung.

10. Pengolahan Bebas Pinjam.

11. Pengolahan Buku Hilang

12. Pengolahan Kas

13. Pengolahan Laporan

Sedangkan laporan meliputi:

  1. Laporan Data User.
  2. Laporan Data Buku.
  3. Laporan Data Anggota.
  4. Laporan Data Inventaris.
  5. Laporan Data Pengunjung.
  6. Laporan Pemesanan Buku.
  7. Laporan Peminjaman Buku.
  8. Laporan Pengembalian Buku.
  9. Laporan Keterlambatan & Denda.

10. Laporan Mutasi Buku dan Anggota.

11. Laporan Rekap Peminjaman Buku.

12. Laporan Bebas Pinjam.

13. Laporan Buku Hilang.

14. Laporan Usulan Buku.

15. Laporan Kas.

16. Cetak Surat Bebas Pinjam.

17. Cetak Kartu Anggota.

18. Cetak Label Buku.

19. Cetak Katalog Judul.

20. Cetak Katalog Pengarang.

21. Laporan Statistik Peminjaman.

22. Laporan Statistik Pengunjung.

Adapun pembagian hak akses dalam penggunaan program perpustakaan secara multiuser meliputi:

  1. Administrator

Memiliki hak akses secara menyeluruh (Full Sistem) tetapi tidak mempunyai hak untuk mengisikan data-data yang berkaitan dengan data anggota ataupun data buku serta transaksi pada Sistem Perpustakaan SMK Batik 2 Surakarta.

  1. Bagian Sirkulasi

Memiliki hak akses dalam pengisian data yang berkaitan dengan data anggota, transaksi transaksi pada Sistem Perpustakaan SMK Batik 2 Surakarta.

  1. Bagian Pengadaan buku

Memiliki hak akses dalam pengadaan buku termasuk penginputan data buku, inventaris buku dan yang berkaitan mengenai buku.

  1. Kepala perpustakaan

Memiliki hak akses dalam melihat laporan-laporan, seperti Laporan Data User, Laporan Data Buku, Laporan Data Anggota, Laporan Data Inventaris, Laporan Data Pengunjung, Laporan Pemesanan Buku, Laporan Peminjaman Buku, Laporan Pengembalian Buku, Laporan Keterlambatan & Denda, Laporan Mutasi Buku dan Anggota, Laporan Rekap Peminjaman Buku, Laporan Bebas Pinjam, Laporan Buku Hilang, Laporan Usulan Buku, Laporan Kas, Laporan Statistik Peminjaman, Laporan Statistik Pengunjung.

  1. Anggota

Memiliki hak akses dalam pengisian Data Pengunjung, Usulan Buku, serta melihat Informasi Katalog Buku.

  1. VI. TUJUAN SKRIPSI

Terciptanya suatu Sistem Perpustakaan SMK Batik 2 Surakarta yang dapat membantu pengelolaan dan pelayanan pengunjung secara multiuser.

  1. VII. MANFAAT SKRIPSI

Adapun manfaat diharapkan adalah sebagai berikut:

  1. Bagi Akademik
    1. Dapat melaksanankan fungsinya sebagai dimensi intelektual yaitu pengabdian kepada masyarakat.
    2. Sebagi tolak ukur materi perkuliahan dan refrensi yang nantinya dapat dipakai didalam dunia kerja.
  1. Bagi SMK Batik 2 Surakarta
    1. Dapat mengikuti adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan adanya peralihan dari sistem manual beralih ke sistem terkomputerisasi.
    2. Memperoleh refrensi tentang penggunakan sistem perpustakaan yang terkomputerisasi.
    3. Dapat membantu mempercepat dan meringankan pengelolaan perpustakaan.
    4. Mempercepat dalam pembuatan laporan-laporan.
    5. Efisiensi dan efektifitas tenaga, waktu dan biaya.
    6. Bagi Penulis

Dapat menerapkan dan mempraktekkan ilmu pengetahuan yang telah di dapat pada saat .kuliah, menambah wacana keilmuan tentang komputer dan pemrograman

  1. VIII. METODE PENELITIAN

Penyusunan skripsi memerlukan data yang tepat dan akurat. Untuk memperoleh data yang tepat dan akurat guna kesempurnaan sistem yang akan dibuat, sehingga hasil yang dicapai tidak menyimpang dari tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, maka diperlukan beberapa metode penelitian, yaitu :

  1. Metode Pengumpulan Data
    1. Observasi / Pengamatan

Dalam teknik ini, penulis melakukan pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan secara langsung dilapangan. Data yang dibutuhkan dicatat dan direkomendasikan sebagai data primer.

  1. Interview / Wawancara

Dalam teknik ini, penulis mengadakan Tanya Jawab dengan pihak-pihak terkait di SMK Batik 2 Surakarta khususnya yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

  1. Studi Pustaka

Yaitu teknik pengumpulan data dengan cara mencari literature-literature, buku materi perkuliahan dan lain-lain yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

  1. Jenis Data

Dari metode pengumpulan data di atas diperoleh data yang diklasifikasikan sebagai berikut :

  1. Data Primer

Yaitu data yang diperoleh secara langsung dari sumber penelitian pada petugas pepustakaan SMK Batik 2 Surakarta.

  1. Data Sekunder

Yaitu data yang diperoleh dengan cara sebagai berikut :

  1. Menggunakan dokumen yang berkaitan dengan pengolahan perpustakaan.
  2. Membaca buku yang berkaitan dengan penelitian.
  1. Metode Analisa Data
    1. Alat Bantu Pengembangan Sistem
      1. Diagram Konteks (Context Diagram)

Diagram Konteks / Context Diagram adalah diagram tingkat atas, merupakan diagram yang paling tidak detail dari sebuah sistem informasi yang menggambarkan aliran-aliran data ke dalam dan keluar entitas-entitas eksternal.

  1. DFD (Data Flow Diagram)

DFD merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi ada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan system yang mudah dikomunikasikan oleh professional system kepada pemakai maupun pembuat program yang berkaitan dengan system Perpustakaan SMK Batik 2 Surakarta.

  1. Kamus Data (Data Dictionary)

Kamus data adalah tempat penyimpanan definisi dari aliran-aliran data, file-file dan proses-proses dalam sebuah sistem informasi. Kamus data dapata digunakan untuk menghindari duplikasi elemen-elemen dan menghindari konflik-konflik antara elemen-elemen.

  1. Entity – Relationship Model (ER Diagram)

Entity – Relationship Model Adalah model data yang didasarkan pada persepsi bahwa real word terdiri dari sekumpulan objek dasar yang mempunyai hubungan antara objek-objek tersebut.

  1. Teknik Normalisasi

Teknik Normalisasi bertujun untuk menormalkan tabel-tabel data yang diperoleh sehingga mudah dibaca dan dikorelasikan antara table satu dengan table yang lain.

  1. Daur Hidup Sistem (System Life cycle)

Daur hidup sistem yaitu siklus hidup dari pengembangan sistem merupakan satu bentuk yang digunakan untuk menggambarkan tahapan utama dan langkah-langkah di dalam pengembangan sistem, tahapan tersebut meliputi :

  1. Tahap Perencanaan (System Planning)

Tahap perancangan sistem dalam penyusunan skripsi ini meliputi :

  1. Data master (Data anggota, data buku)
  2. Pengolahan peminjaman buku, pengembalian buku
  3. Laporan-laporan yang diperlukan
  4. Tahap Design (System Design)

Design sistem yang akan penulis buat dalam penyusunan skripsi ini terdiri dari :

  1. Bagan Alir Dokumen
  2. Diagram Alir Data
  3. Desain Input Output
  4. Tahap Teknologi
  5. Tahap Implementasi Sistem

Perancangan program dan implementasi program yang sudah siap akan dilakukan pada tahap ini, dengan kriteria adalah program mudah digunakan dan program mudah dipahami oleh pemakai. Perancangan program ini mengacu pada DAD yang telah dibuat pada langkah perancangan basis data. Pada tahap ini perlu dijelaskan mengenai pemakain program pada calon operator.

  1. IX. LANDASAN TEORI
    1. Komputer

Komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tujuan seperti menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan data, menyediakan output dalam bentuk informasi (Bismen 1985).

Komputer adalah suatu alat elektronika dengan kecepatan tinggi yang mampu menyelesaikan dan melakukan perhitungan operasi tanpa campur tangan manusia (Chasing, 1996).

  1. Sistem

Sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu (Raymond, 1996).

Sistem secara fisik adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi bersama-sama untuk menyelesaikan sasaran tertentu (Davis, 1991).

Sistem adalah kumpulan elemen-elemen sistem yang saling berhubungan atau berinteraksi antara satu elemen dengan elemen yang lain untuk membentuk sistem informasi (Jogiyanto, 1992).

Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu (Jogiyanto, 2001).

  1. Informasi

Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini dan saat mendatang (Davis, 1989).

Informasi adalah data yang diproses, atau data yang memiliki arti (Mcleod, 1997).

Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya (Jogiyanto, 2001).

  1. Sistem Informasi

“Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi tertentu, memberi signal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan yang cerdik (Jogiyanto, 1999).”

Sistem informasi adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian didalam organisasi (Jogiyanto, 2001).

  1. Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain dan saling berbagi sumber daya. Komputer tersebut dapat dimungkinkan berhubungan denganmedia kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit atau inframerah (Wahana Komputer, 2005).

  1. Database

Database atau basis data adalah suatu kumpulan data terhubung yang disimpan bersama-sama dalam suatu media, mengatur satu sama lain dan tidak perlu suatu kerangkapan data dengan cara-cara tertentu sehingga mudah untuk digunakan oleh satu atau lebih program aplikasi secara optimal, data disimpan sedemikian rupa sehingga penambahan, pengambilan dan modifikasi data dapat dilakukan secara mudah terkontrol (Jogiyanto, 1981).

  1. SQL Server

SQL(Structure Query Language)adalah sarana dasar yang dibutuhkan untuk mengakses data didalam database relasional. Berdasarkan kepada fungsinya, deklarasi atau perintah SQL dibagi kedalam dua kategori yaitu data definition language(DDL) dan data manipulation language(DML). DDL adalah bagian dari SQL yang digunakan untuk mendefinisikan data dan objek database. DML adalah bagian dari SQL yang digunakan untuk memulihkan dan memanipulasi data(Ramalho, 2001).

SQL Server adalah sistem manajemen basis data yang memakai perintah-perintah Transact-SQL untuk mengirim perintah dari komputer client ke komputer server. Transact-SQL adalah bahasa SQL yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menambahkan dialek-dialek tertentu. Microsoft SQL Server berisi database, mesin database, dan aplikasi yang diperlukan untuk mengelola data dan komponen-komponennya (Komputindo, 2003).

  1. Multiuser

Multiuser adalah pemakaian komputer secara bersama-sama dalam waktu yang sama dengan tujuan yang sama pula untuk mengakses informasi yang sama yang saling berhubungan antara komputer yang satu dengan lainnya (Wahana Komputer, 2005).

Multiuser Sistem adalah sistem komputer yang dapat dipahami oleh lebih dari satu orang, meskipun sebuah mikro komputer dipakai bersama-sama oleh beberapa orang dapat dipandang sebagai sistem multiuser, istilah ini biasa diperuntukkan untuk mesin yang oleh beberapa orang melalui fasilitas terminal jaringan (Bawersok, 2000).

  1. Perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat pengumpulan koleksi bahan-bahan pustaka atau koleksi buku-buku yang telah ditempatkan dalam suatu gedung atau bangunan yang mewadahinya dan telah diolah serta diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan oleh pemakai sebagai sumber informasi. Perpustakaan juga menyelenggarakan pengadaan, pengolahan, pelestarian dan penyebarluasan serta pemanfaatan bahan-bahan pustaka kepada masyarakat (Admojahnawi, 1984: 14).

10. Administrasi Perpustakaan

Administrasi perpustakaan adalah tata laksana dan alur kerja yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam pelaksanaan tugas dan fungsi perpustakaan sebagai tempat menampung sumber informasi.

Administrasi perpustakaan merupakan proses penyelenggaraan kerja sama dari dua orang atau lebih dalam hal menghimpun, mengolah, dan menyebarluaskan segala macam informasi tercetak untuk dimanfaatkan seluas luasnya bagi segenap anggota masyarakat yang membutuhkan (Depdikbud , 1997:7).

11. Sekilas Tentang Visual Basic 6.0

”Microsoft Visual Basic 6.0 adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi Windows yang berbahasa grafis (GUI-Graphical User Interface). Visual Basic merupakan even-driver programming (pemrograman terkendali kejadian), yang artinya program menunggu sampai adanya respon dari pemakai yang berupa even atau kejadian tertentu dari inputan tombol, menu dipilih dan sebagainya. Ketika even terdeteksi, kode yang berhubungan dengan even (prosedur even) akan dijalankan (Kusumo, 2000).”

  1. X. KERANGKA PIKIR

Berdasarkan perumusan masalah yang dibuat pada tahap sebelumnya, maka tahap kerangka pemikiran berguna untuk memperjelas tentang apa saja yang menjadi sasaran penelitian. Pada tahap ini ditentukan tujuan dari penelitian adalah untuk merancang dan mengimplementasikan suatu sistem informasi yang mendukung proses pengolahan perpustakaan pada SMK Batik 2 Surakarta.

Skema Pemikiran


Gambar 1: Skema Pemikiran

  1. XI. TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN

Tempat pelaksanaan penelitian di SMK Batik 2 Surakarta dengan alamat Jl. Slamet Riyadi, Kleco, Surakarta.

Sedangkan waktu atau jadwal pelaksanaan skripsi sebagai berikut:

Kegiatan Bulan
April 2009 Mei 2009 Juni 2009 Juli 2009 Agustus 2009 September 2009
Pencarian Data
Pengumpulan Data
Pemilahan Data
Konsep dan Desain
Pembuatan Aplikasi
Testing Aplikasi
Implementasi dan Evaluasi
  1. XII. DAFTAR PUSTAKA

Daryanto, Drs., 2004. Memahami Kerja Internet, CV. Yrama Widya, Bandung.

Edhy Sutanto, S.T., 2003. Sistem Informasi Manajemen, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Gordon B. Davis, 1989. Sistem Informasi Manajemen, Bagian 1, PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Inge Martina, Ir., 2003. Belajar Microsoft SQL Server 2000, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Jogiyanto H.M., 1999. Pengenalan Komputer, Andi Offset, Yogyakarta.

Uus Rusmawan, 2004. Mengolah Database dengan SQL dan Crystal Report dalam Visual Basic. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Zainal Arifin, 2005. Langkah Mudah Membangun Jaringan Komputer, Andi Offset, Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: